ORANG YANG BERJASA MENGURANGI KERINGAT KITA

Anda pasti pernah merasakan sejuknya AC atau Air Conditioner, tapi kebanyakan dari kita mungkin akan kebingungan ketika ditanya, siapakah penemu AC tersebut? hmm, sungguh besar jasanya yah, karena bisa dibayangkan kalo dunia tanpa AC, pusat-pusat perbelanjaan dan gedung-gedung perkantoran pasti dipenuhi dengan orang yang berkeringat. haha.., mari kita lihat siapa sebetulnya penemu AC ini.





Dia bernama John Gorrie, warga Amerika Serikat yang hidup pada ahun 1803 - 1855. Beliau lahir di Charleston, California Selatan dan lulus dari pendidikan kedokteran dan ilmu bedah pada tahun 1833 di New York.

Wah, anda mungkin bertanya, kok bisa yah seorang dokter malah jadi penemu AC? ternyata awal mulanya adalah karena pada saat dia lulus, dia membuka praktek kedokteran di Aphalachicola Florida, dan disanalah dia menjabat sebagai kepala kantor pos, bendahara kota, anggota dewan kota dan juga menjabat sebagai walikota pada tahun 1837 -1839. Nah, pada saat itulah dia melihat bahwa panasnya udara di rumah sakit membuat para pasiennya yang menderita malaria atau penyakit lain dengan gekala demam tinggi merasa sangat tidak nyaman. Gorrie memutar otak dan munculah ide untuk memasang semacam kipas angin yang di depannya diletakkan bongkahan-bongkahan es, ya tujuannya tidak lain agar suhu tubuh para pasiennya bisa segera turun.

Pada tahun 1844 dia mulai mengembangkan mesin eksperimen pembuat es yang dilandasi oleh hukum fisika dimana panas selalu mengalir dari gas atau cairan yang lebih panas menuju gas atau cairan yang lebih dingin. Alat tersebut bekerja dengan memadatkan gas sehingga menjadikannya panas, gas tersebut dialirkan ke koil=koil untuk diturunkan tekanannya sehingga menghasilkan udara dingin. Mesin tersebut terus dikembangkan agar bisa menghasilkan gas yang lebih besar dan udara yang lebih dingin. Gas yang berada di koil itulah yang menyebabkan udara di sekitar mesin menjadi dingin. Dan proses seperti ini masih dipakai dalam sistem pendinginan udara sampai saat ini.

Saking penasarannya, Gorrie sampai berhenti dari praktik kedokteran pada tahun 1845 untuk fokus dalam penhgembangan mesin pendingin ini. Dia memperkenalkan mesin pembuat es pada 1848 dan dua tahun kemudian dia menerima hak paten. Tapi sayangnya dia tidak berhasil mengumpulkan cukup dukungan untuk pendanaan guna mendirikan pabrik pembuat es komersial.

Hmm, penemuan ini sangat penting, bandingkan dengan ponsel tenaga anjing di posting saya sebelumnya

2 komentar:

  1. Nice share Bozz. Kalau masih inget pelajaran SMU, ada yang namanya Siklus Carnot. Proses pendinginan dalam mesin AC itu namanya Siklus Refrigerasi, yang merupakan kebalikan dari Siklus Carnot (harusnya berjalan maju, jadi mundur).

    Hayo, masih inget gak??? Hehehe.

    Siklus refrigerasi ini secara prinsip juga digunakan untuk mencairkan gas alam menjadi apa yang namanya LNG. Yang terus dijual oleh bangsa kita, Bangsa Indonesia, kemana-mana. terutama Jepang dan China.

    Wah, nice info Boss. Gw baru tahu, kalo penemunya AC itu ternyata seorang dokter. Dunia memang aneh ya =))

    BalasHapus
  2. @think2think
    ya ya ya, LNG tangguh bikin kita merugi... wkwkwkw, gara2 gw inget satu dua pelajaran SD jadi di est juga untuk pelajaran SMA... hahahaha

    BalasHapus