7 LANGKAH MENJADI MANUSIA KARISMATIK


Pernah gak memperhatikan kenapa seseorang bisa menjadi begitu karismatik? Pokoknya gak peduli mereka melakukan apa ataupun bergaya seperti apa, ketika mereka memasuki ruangan, semua mata seolah tertuju padanya. Dan ketika mereka pergi, semua orang memiliki kesan mendalam tentang orang tersebut dan ingin menirunya. Woow.. keren bukan? Terpikir untuk menjadi seperti mereka? Kalo saya sih sangat tertarik karena saya setuju dengan pandangan bahwa sifat karismatik, seperti layaknya kecantikan dan keberuntungan juga membuka banyak pintu dalam kehidupan.

Benarkah siapapun bisa menjadi lebih karismatik? Sebaiknya mari kita buktikan dengan mengikuti 7 langkah untuk menjadi karismatik.


Langkah-langkah


1 Tenang . 
Karisma merupakan penyakuran energy anda ke orang lain. Jika anda keliatan cemas dan stress, orang akan menolak anda, tapi sebaliknya jika anda rileks dan tenang, orang akan tertarik dengan ketenangan anda. Mereka menjadi ingin seperti anda juga.




2 Terlihat percaya diri. 
Karisma memang berbeda dengan kepercayaan diri. Tapi keyakinan diri akan dapatb membuat anda lebih karismatik karena rasa percaya diri anda akan membuat orang lain tenang dan yakin dengan kemampuan anda.

Memperbaiki postur Anda .
Tak ada yang lebih meyakinkan seseorang selain bahasa tubuh yang baik. Berdiri atau duduk tegak tetapi tidak kaku. ketika bertemu seseorang, jabatlah tangannya sambil melihat matanya. duduk menghadapi orang tanpa menyilangkan kaki atau tangan. bersikaplah sama terhadap semua orang, tidak peduli itu orang kaya, orang asing atau cewek cantik misalnya, jangan berbicara yang merendahkan mereka. hormatilah orang lain dan hormatilah semua orang tanpa pandang bulu.


3 Berhubungan dengan emosi Anda. 
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang umumnya diyakini karismatik merasakan emosi kuat, dan mereka juga mampu berhubungan dengan apa yang orang lain rasakan. Ironisnya, dalam banyak masyarakat, penindasan emosi dianggap diinginkan. Jangan takut untuk merasa marah, sakit, sedih, atau gembira, dan jangan takut untuk mengkomunikasikan emosi Anda. jadi sadaralihah emosi anda dan melakukan kontrol dalam pengekspresiannya. Ini adalah kontrol ini yang benar-benar diinginkan. Selalu tulus - emosi palsu jarang menarik bagi siapa pun.


4 Cocokkan bahasa Anda tubuh untuk pidato Anda . 
Mungkin ciri khas orang karismatik adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa tubuh dengan efektif ketika berkomunikasi. Isyarat penting, tetapi gerak-gerik yang baik tidak sembarangan.

coba anda perhatikan, beberapa pembicara kadang gerakan tubuhnya terlihat palsu, tidak meyakinkan, bahkan terlihat licik. tetapi ada juga yang justru gerakan tubuhnya begitu meyakinkan. orang-orang yang meyakinkan tersebut biasanya datang dari kelompok aktor kenamaan, pemuka agama, dan lain-lain. coba perhatikan dan pelajari.

Pikirkan tentang gerakan Anda sendiri. apakah ketika anda berbicara bahasa tubuh anda tampak mendukung, atau terlihat gugup, atau bahkan membosankan?

Praktek di cermin. Nah, mulailah berlatih di depan cermin dan lihat bahasa tubuh mana yang jelek dan harus diperbaiki dan mana yang harus dikembangkan lagi.

5 Berpikirlah sebelum Anda berbicara. 
Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang penting untuk mengatakan, tetap diam. Dengan upaya berkelanjutan, kata yang tepat akan datang kepada Anda dengan lebih mudah. Ini mungkin tampak mengejutkan, tetapi membatasi jumlah kata dan bicara akan membuat kalimat-kalimat yang anda ucapkan menjadi lebih menarik.



6 Bicara dengan keyakinan. 
Seperti isyarat, cara Anda mengatakan sesuatu bisa sama pentingnya dengan apa yang Anda katakan. Katakan sesuatu yang penting dan mengatakan dengan keyakinan. Bicaralah dengan santai dan jelas dengan memperhatikan nada, irama, dan intonasinya.coba rekam pidatyo anda dan dengarkan apakah ada yang kurang.


7 Perlakukan orang sebagaimana mereka ingin diperlakukan.
Membuat setiap orang yang Anda temui merasa seolah-olah ia benar-benar penting, terlepas dari kesan pertama Anda atau reputasi orang itu. Jika Anda membuat orang merasa baik tentang diri mereka sendiri, mereka akan tertarik kepada Anda dan lebih menghargai anda.

Dengarkan secara aktif ketika orang lain berbicara. Berikan perhatian penuh kepada  seseorang ketika ia sedang berbicara kepada Anda. Lakukan kontak mata yang baik, dan mengangguk ketika anda setuju atau membuat Kata seru singkat, seperti "Saya mengerti," atau "Oke," untuk memastikan orang tersebut bahwa anda mendengarkan dan Anda tertarik pada apa yang dia katakan. Sentuhan singkat di lengan bagian atas dapat menekankan persetujuan Anda atau empati dengan ungkapan seseorang, dan dapat membuat orang itu merasa terhubung dengan Anda.

Membuat orang merasa istimewa.
Pelajari dan ingat nama orang, alamat dan nama mereka. lalu ingat untuk tersenyum ketika bertemu dengan orang lain. Berikan pujian secara lapang tulus dan terimalah pujian secara bijak dan tidak rewel. Dan yakinkan mereka bahwa apa yang anda ingin mereka lakukan sesungguhnya adalh hal yang mereka inginkan atau baik untuk mereka.

Hmm.. terlihat sederhana bukan? Tetapi memang segala sesuatu tidak semudah ketika dibicarakan, tetapi apa salahnya kita mencoba untuk menjadi lebih karismatik.

yuk mariiii....



2 komentar:

  1. Insaallah akn dicoba postingan ini :) terimakasih ka ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. CIE pengen jadi orang karismathik ye,,, : )

      Hapus