Apa sih Cinta Sejati? Ini Pengertiannya

Apa sih cinta sejati itu?

Berbeda dari perasaan yang anda dapat ketika hormon Phenylethylamine terpompa dan larut dalam darah, cinta adalah sensasi emosi yang dipicu oleh pikiran bawah sadar, yang menuntun anda untuk berusaha semakin dekat dengan seseorang yang anda pikir penting bagi kebahagiaan anda.

Coba kita lihat contoh berikut yah, supaya kita bisa memahami bagaimana cinta itu terjadi. Anggap saja anda sedang mengalami keterpurukan dan ada seseorang yang terus menerus, setiap hari, berusaha membantu anda melalui masa-masa suram yang anda hadapi.

Dalam kasus ini pemikiran bawah sadar anda akan berkata bahwa orang tersebut membangkitkan semangat serta keceriaan anda, hal tersebut membuat anda mencintainya dan akan membuat anda semakin dekat dengannya.

Dalam banyak kasus, cinta sejati merupakan emosi yang dipicu oleh pemikiran bawah sadar yang mendorong anda untuk lebih mendekat kepada orang yang mampu membangkitkan semangat dan keceriaan anda.

Ini cinta sejati bukan yah?

Mungkin terpikir oleh anda, kenapa sih kok saya malah mencintai orang itu dan bukannya menganggap dia sebagai teman dekat aja? Karena kan orang yang mampu membangkitkan semangat juga bukan hanya dia dan biasanya hanya anda anggap sebagai teman dekat saja kan?

Jawabannya sederhana, kita semua memiliki kriteria tertentu mengenai seseorang yang kita inginkan untuk dijadikan pacar, kriteria ini melekat di pemikiran bawah sadar kita. Jadi jika si pembangkit semangat itu memenuhi kriteria di pemikiran bawah sadar kita untuk dijadikan pacar, maka kita akan mencintai dia, tapi kalau kriteria nya tidak terpenuhi, maka kita hanya akan menganggapnya sebagai teman dekat saja.

Cinta sejati dan pemenuhan kebutuhan.

Orang juga terkadang jatuh cinta sebagai suatu kompensasi atau usaha untuk memenuhi kebutuhan yang tidak mampu mereka penuhi sendiri. Misal, jika seorang gadis tidak memiliki kepercayaan diri, maka ada kemungkinan ia akan jatuh cinta kepada pria yang percaya diri, sejauh kriteria lainnya tetap terpenuhi.

Ini juga menjadi jawaban atas pertanyaan kenapa terkadang ada orang yang tertarik kepada orang yang memiliki kesamaan dengan dirinya, tapi terkadang ada juga orang yang tertarik kepada orang yang berbeda dari mereka. Mereka yang tertarik pada orang yang memiliki kesamaan  dengan dirinya merupakan orang-orang yang menyukai dirinya sendiri apa adanya, dan mereka yang tertarik kepada orang yang berbeda dengannya menunjukkan bahwa orang tersebut tidak begitu menyukai dirinya sendiri.

Banyak loh orang yang mengatakan cinta sejati itu ya cinta tanpa syarat. Yang artinya bahwa kita mencintai seseorang ya karena kita menyukai caranya sifatnya dan lain-lain dan bukan karena kita membutuhkan dia untuk memenuhi kebutuhan yang tidak mampu kita penuhi sendiri.

Tapi di dunia nyata, yang namanya cinta tak bersyarat murni itu hampir tidak ada, sebuah hubungan dilandasi oleh kombinasi antara cinta tak bersyarat dan cinta bersyarat.

Tapi semakin anda beralih dari cinta karena pemenuhan kebutuhan yang tak mampu anda penuhi sendiri ke arah cinta tanpa syarat, maka hubungan anda akan semakin sehat dan semakin besar kemungkinan anda akan mengalami cinta sejati.

Rasanya tidak mungkin untuk bisa memiliki hubungan yang tidak dilandasi oleh kedua faktor tersebut (pemenuhan kebutuhan dan cinta tanpa syarat), tapi yang jelas, semakin anda berpindah dari cinta karena pemenuhan kebutuhan ke arah cinta  tanpa syarat, maka semakin dekat anda dengan yang apa dinamakan cinta sejati.

0 komentar:

Posting Komentar