Sahabat Sejati Berkelahi Karena Satu Lelaki?


Kamu dan Sahabatmu Menyukai Orang Yang Sama? 

Jadi gimana dong kalau suatu ketika kita ngalamin kejadian seperti ini? Ya kan namanya juga cinta itu buta, kadang hinggapnya gak lihat-lihat. Udah tahu kita sahabatan, kenapa juga dibikin jatuh cinta sama orang yang sama. 

Kejadian seperti ini seringkali meluluh lantakkan jalinan persahabatan yang udah dijalanin berpuluh-puluh tahun loh. Ironis juga kan, ada kejadian, sepasang sahabat yang berteman sejak TK sampai mereka sama-sama kuliah, lalu membubarkan diri gara-gara dia yang mereka kenal satu semester.

Maka dari itu, butuh kesabaran, kedewasaan, juga kehati-hatian dalam bertindak dan berucap untuk menghadapi kondisi ngeri kayak begini.
Berikut adalah 12 langkah yang semoga bisa membantu kita menghadapi situasi seperti ini:

 

12. Menjauh

Ini mungkin langkah yang PALING BERAT. Tapi langkah menjauh cukup rasional dan masuk akal buat menghindari kondisi cinta segi tiga yang sangat tidak indah. Langkah ini hanya bisa diambil oleh fihak yang lebih matang dan berfikiran dewasa. Jadi gak ada salahnya kita menjadi fihak yang lebih berbesar hati dan melakukan langkah ini. 
Cinta juga memang hak semua insan (ciye..), tapi masa masa iya juga demi cinta kita musti berantem ama sahabat sih? Cukup wajar kok kita mengedepankan upaya menjaga persahabatan daripada mementingkan orang yang belum tentu juga suka sama kita. ya kan..

11. Teliti masa lalu orang tersebut.

Bijaksana kan kalau kita meneliti lagi latar belakang si dia? Kalau si dia ternyata suka berpindah dari satu cewek ke cewek yang lain, bukan cuma kita yang harus menjauh, tapi ada baiknya kita mengingatkan sahabat kita juga.

10. Terus terang sama sahabatmu, dan lihat bagaimana reaksinya.

Mungkin kita akan berfikir, kapan waktu yang tepat buat terus-terang sama sahabat kita kalau kita mencintai dia yang juga dicintainya. Memang tidak ada waktu yang benar-benar tepat, yang harus kita lakukan adalah mengumpulkan keberanian dan bulatkan tekad untuk terus-terang. Ketika berbicara dengannya, pastikan untuk melihat dengan teliti reaksinya, terutama kalau sahabat kita itu orang yang tidak terlalu terbuka mengenai perasaannya. Terkadang ada beberapa hal yang harus dipendam terlebih dahulu sebelum diutarakan dengan jujur. Teruslah amati mimik mukanya, jadi kita bisa mengetahui apa yang sebenarnya dia rasakan, apakah marah, sedih, dan lain-lain.

9. Buat daftar alasan kamu menyukai si dia.

Tulislah daftar mengenai hal apa yang membuat kamu menyukai si dia. Begitu juga hal yang membuat kamu tidak menyukainya, tulis semua. Kalau hal-hal yang membuat kamu menyukai dia cuma satu atau dua hal aja, ada baiknya kan mulai berfikir apakah memperjuangkan cintanya sepadan nilainya dengan kehilangan seorang sahabat?

8. Periksa kecocokan kamu dengan si dia.

Apakah kita benar-benar cocok sama dia? Apakah kalau dia suka nonton bola, kita juga suka? Apakah kalau kita suka nonton dia juga suka? Memang benar perbedaan itu justru untuk saling melengkapi, tapi kalau memang benar-benar bertentangan? Bukankah justru akan lebih banyak menimbulkan permasalahan? Lalu setelah itu coba perhatikan, apakah dia lebih cocok sama sahabat kita?

7. Mengetahui apakah tujuan hidupmu dengan si dia sama?

Mungkin mirip dengan point nomor 8 tentang kecocokan, tapi yang ini lebih ke tujuan jangka panjang. Misal, kalau di masa depan kita berniat dan memimpikan untuk tinggal di negara yang bersalju sementara si dia gak kuat dingin dan pengen menetap di kota khatulistiwa, lalu mimpi siapa yang mau dibatalkan?

6. Sisters Before Misters

Ada ungkapan dalam bahasa inggris "sisters before misters" yang maknanya kita seyogyanya lebih mengutamakan hubungan persaudaraan daripada mementingkan pasangan.
Pikirkan lagi kebersamaan dengan sahabat yang selama ini dibina dan bagaimana sekarang rasa cinta terhadap seseorang yang belum tentu mencintai kita, mempengaruhi kita, sahabat kita, dan hubungan baik diantara kita.

Sekian dulu untuk hari ini, Besok kita akan bahas 5 Langkah selanjutnya.