Menjadi Pendengar Yang Baik Part 3


Seperti biasa, Jumat ini kita kembali melanjutkan pembahasan kita mengenai Tips Menjadi Pendengar Yang Baik.

Di bagian yang ke tiga ini, kita akan membahas 3 langkah selanjutnya.
Yuk, Mariii


7. Gunakan bahasa tubuh untuk mengekspresikan ketertarikan kita.
Mendengarkan secara aktif melibatkan keseluruhan tubuh dan wajah - baik itu tubuh dan wajah kita, maupun tubuh dan wajah pembicara.

  • Ekspresi kita. Tampak tertarik dan tetap menjaga pandangan terhadap pembicara dari waktu ke waktu. Jangan menatap tajam si pembicara secara berlebihan, melainkan cerminkan sikap bersahabat dan keterbukaan terhadap apa yang sedang kita dengarkan.
  • Cermati setiap kalimat. Selalu peka terhadap hal-hal yang tidak terungkapkan sebelumnya dan terhadap tanda-tanda tertentu yang bisa membantu kita untuk menggali perasaan si pembicara yang sesungguhnya. Perhatikan ekspresi wajah dan tubuh pembicara untuk mencoba mengumpulkan sebanyak mungkin informasi, tidak hanya dari kata-kata. Bayangkan apa yang ada di pikiran kita yang dapat membuat kita menunjukkan ekspresi, serta bahasa tubuh seperti itu.

8. Cobalah untuk meyakinkan pembicara bahwa semua baik-baik saja.
Apapun hasil dari pembicaraan, biarkan si pembicara tahu bahwa kita merasa senang telah mendengarkan dan dijadikan tempat bercerita.

  • Jelaskan bahwa anda terbuka untuk diskusi selanjutnya jika memang diperlukan, tetapi kita tidak memaksa. Sebagai tambahan, yakinkan juga si pembicara bahwa kita beritikad untuk menjaga kerahasiaan seluruh isi percakapan
  • Sabarlah. Jika kita ingin mengutarakan sesuatu, tunggulah sampai dia menyelesaikan ucapannya.
9. Bersikap empati lah pada saat mendengarkan, guna mendapatkan respon yang baik.
  • Tawarkanlah bantuan jika kita memang memiliki kemampuan, waktu, serta pengalaman yang diperlukan. Tapi, ingat untuk tidak sampai memberikan harapan palsu. Jika satu-satunya hal yang bisa anda lakukan untuknya hanyalah menjadi pendengar yang baik, utarakanlah hal tersebut dengan jelas. Justru mendengarkan dengan baik adalah suatu bantuan yang sangat-sangat berharga.
Oke, demikian tiga langkah tambahan, dan Jumat depan kita bahas beberapa langkah terakhir berupa patokan bahasa tubuh dan ekspresi yang kita perlukan.Sampai jumpa!!

Tips Menjadi Pendengar Yang Baik Part 1
Tips Menjadi Pendengar Yang Baik Part 2