Ketika Kucingku Menghilang


Ini hari kedua si Dobby, kucing kampung kesayanganku menghilang tanpa kabar. Waktu saya adopsi pada bulan Desember 2013, umurnya sekitar satu atau dua bulan. Jadi bulan Februari 2015 ini umurnya sekitar satu tahun empat bulan gitu.

Waktu diadopsi dulu, badannya super kurus dan nyaris mati kelaparan. Makanya saya putuskan untuk bawa ke rumah dan merawatnya.

Hari pertama di rumah, dia kena hajar kucing liar yang menguasai area rumah, perutnya sobek dan badannya penuh dengan luka. Hari kedua, kucing liar jahat itu berhasil masuk rumah dan melanjutkan menghajar Dobby sampai luka nya yang belum kering bertambah parah.

Beberapa bulan kemudian, ada lagi beberapa kucing yang telantar dekat rumah, dan anehnya, Dobby yang waktu itu sudah mulai dewasa, tidak memperlakukan kucing-kucing kecil itu seperti kucing jahat menghajar dia, bukannya memusuhi karena téritori nya terancam, Dobby cenderung bersikap menyayangi dan selalu mengalah (utamanya dalam hal makanan).

Hanya sayangnya, Dobby jadi tidak mengetahui apa itu téritori. Ketika ada kucing liar yang lewat dan bahkan memakan makanannya, Dobby malah pasang sikap bersahabat dan membiarkan kucing lain menghabiskannya.Entah karena trauma perkelahian yang dirasakannya waktu kecil sehingga dia menjadi penakut dan tak berani berkelahi, atau memang karena dia bersikap bersahabat.

Pernah beberapa kali kejadian, Dobby entah dengan cara apa, tengah malam dia keluar rumah. Kami terbangun oleh suara kucing berantem. Ternyata Dobby diserang oleh kucing lain. Dia begitu ketakutan sampai shock beberapa hari.

Dari situ saya melihat mungkin trauma masa kecilnya yang membuat Dobby jadi penakut, dan semenjak itu saya tidak membiarkan dia berada di luar rumah waktu malam hari, karena takut dia diserang kucing lain.

Dan... sejak sekitar dua minggu yang lalu Dobby terlihat gelisah, dia mengeluarkan suara suara aneh dan tak mau diam. Dan dua hari yang lalu dia pergi dan belum kembali sampai detik ini.

Research sana sini, tanya kiri kanan, saya mendapatkan beberapa informasi mengenai kucing yang menghilang.

Alasan pergi:
1. Keasikan bermain hingga terlalu jauh dari rumah
2. Kucing cowok, kemungkinan ingin mencari pasangan

Alasan tak kembali:
1. Terlalu takut untuk pulang
2. Mengalami hal yang buruk seperti terperangkap, atau tertabrak kendaraan
3. Masih asik dengan lingkungan yang dikunjunginya (termasuk asik dengan kucing cewek)

Yang akan membuatnya kembali:
1. Akhirnya dia berani pulang ke rumah
2. Perutnya lapar

Kemungkinan jangka waktu menghilang:
1. 2 atau 3 hari
2. Ada kasus sampai dua bulan
3. Tidak kembali selamanya.

Melihat riwayat Dobby, alasan perginya pasti mencari pasangan, kemudian alasan tak kembalinya, saya takut dia terlalu takut untuk pulang, karena Dobby itu melihat kendaraan saja takut makanya dia selalu tak berani melewati pagar depan rumah karena banyak kendaraan.
Dobby terbiasa makan kapanpun dia suka, kalau berharap alasan dia kembali karena lapar, seharusnya sejak kemarin dia pulang karena lapar.

Sekarang hari kedua, semoga besok hari ketiga dia udah pulang, jangan sampai dua bulan apalagi selamanya.

Dobby, where r u?

2 komentar:

  1. kucingku juga baru luka-luka, setelah 3 hari menghilang... kasihan, lukanya deket mulut, jadi dia nggak bisa makan, mana kucingku gak bisa berantem lagi, jadi dia nguyung terus .. hiks :(

    BalasHapus
  2. Aku juga kehilangan kucingku pompom 1 minggu ini, waktu dia pergi dalam keadaan diare khawatir kalau ternyata dia mati karena banyak orang bilang kucing akan pergi jauh dari rumah sebelum mati...sampai sekarang belum bisa move on dari pompom... sedih kalau melihat piring makanannya..semoga masih ada harapan pompom akan pulang :'(

    BalasHapus