10 CARA MERAIH KEBAHAGIAAN DALAM BEKERJA

Berbicara mengenai pekerjaan, duh.., banyak yang mengeluhkan betapa pekerjaan mereka tidak menyenangkan. Lalu bagaimana orang-orang sukses menggeluti pekerjaan mereka dengan senang hati dan gembira?

Anda dan saya pasti mendambakan untuk bisa melakukan pekerjaan dengan sangat suka-cita. Lalu bagaimana cara untuk menjadi bahagia dalam pekerjaan?

Saya menelusuri web, dan mendapatkan artikel ini. Saya pikir saya ingin membaginya dengan anda di sini.

Berikut adalah 10 cara untuk bisa meraih kebahagiaan dalam bekerja.


1. Memilih untuk bahagia saat bekerja
Kebahagiaan adalah pilihan. Saya banyak mendengar orang-orang mengeluh. Meskipun judul poin ini sedikit aneh, tetapi ini benar adanya. Anda bisa memilih untuk berbahagia saat bekerja. Terdengar sederhana? Tetapi hal-hal sederhana seperti ini juga biasanya sulit untuk dilakukan. Apakah anda memiliki boss yang hebat? Hadapilah kenyataan bahwa adalah wajar jika anda tidak memiliki boss terbaik di muka bumi. Jadi berpikirlah positif dalam pekerjaan anda. Hindarilah orang-orang yang kurang baik dan hindari juga gosip. Carilah rekan yang menyenangkan dan habiskanlah waktu-waktu yang menyenangkan bersama mereka. pilihan anda di tempat kerja berpengaruh besar terhadap pengelaman-pengalaman anda di tempat kerja. Nah... Anda bisa memilih untuk berbahagia dalam bekerja.

2. Lakukan hal-hal yang anda sukai setiap hari
Anda mungkin menyukai atau tidak menyukai pekerjaan anda, anda juga mungkin saja percaya atau tidak percaya bahwa anda bisa menemukan sesuatu yang menarik dalam pekerjaan anda yang bisa anda sukai. Percaya deh, lihat kembali diri anda, kemampuan-kemampuan serta ketertarikan anda, dan anda akan menemukan sesuatyu yang dapat benar-benar bisa anda nikmati dalam keseharian anda. Dan jika anda bisa menemukan hal yang anda sukai tersebut, maka pekerjaan anda akan terasa lebih menyenangkan. Tentu saja anda punya pilihan untuk membuat pekerjaan anda "berjalan menyenangkan" dan sebagaimana mestinya, atau anda dapat juga memutuskan untuk berhenti bekerja.

3. Ambil peranan dalam pengembangan diri dan profesionalisme anda.
Ada seorang karyawan yang mengeluh ingin pindah kerja karena bosnya tidak cukup membantunya mengembangkan diri dan profesionalismenya. Pertanyaannya adalah, siapakah yang seharusnya menjadi orang yang paling tertarik dalam pengembangan diri kita? Jawabannya adalah kita sendiri. Kita adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam pengembangan diri kita sendiri. Kita boleh saja meminta bantuan atau saran tertentu dari bos, tetapi tetap kitalah sendiri yang harus menyusun rencana dan tujuan. Kitalah yang akan merasakan nikmatnya perkembangan diri, atau tak enaknya tidak berkembang.

4. Ketahuilah apa yang terjadi dalam pekerjaan anda.
Banyak orang mengeluhkan bahwa mereka tidak punya informasi dan komunikasi yang cukup dalam pekerjaan mereka. Yah, kebanyakan karena selalu bertindak pasif, menunggu bos memberi tahu informasi dan kalau cuma ditungu seperti itu, maka informasi akan jarang-jarang datang. Kenapa? karena si boss begitu sibuk dan dia tidak tahu apa yang anda tidak ketahui. Jadfi carilah informasi yang bisa membuat anda beklerja secara efektif. Gunakanlah jaringan informasi. Jika perlu, mintalah pertemuan mingguan dengan boss anda. Anda bertanggung jawab mengenai informasi apa saja yang anda mampu terima.



5. Sering-sering meminta masukan
Sering-seringlah meminta saran dan umpan balik. Katakan pada boss bahwa anda memerlukan penilaiannya terhadap pekerjaan anda, dan lakukan hal ini juga terhadap pelanggan anda, tanyakan apakah anda sudah melayani mereka dengan baik. Anda bertanggung jawab terhadap perkembangan anda sendiri.

6. Hanya membuat komitmen yang anda yakin mampu anda penuhi.
Salah satu penyebab yang paling serius dari stress di tempat kerja adalah ketidak-bahagiaan karena gagal menjaga komitmen. Banyak pekerja yang menghabiskan banyak sekali waktunya untuk membuat alasan karena gagal memenuhi sebuah komitmen. Jadi jangan bilang iya jika anda tidak punya cukup waktu untuk memenuhinya.

7. Hindari pengaruh-pengaruh negatif
Memilih untuk bahagia di tempat kerja juga berarti menghindari percakapan negatif seperti gosip dan sebisa mungkin menghindari orang-orang yang tidak bahagia. Betapapun bahagianya anda, orang-orang yang negatif akan mempengaruhi kejiwaan anda.

8. Latihlah keberanian anda
Jika anda seperti layaknya kebanyakan orang, maka anda akan menghindari konflik. Dan mungkin saja anda menganggap konflik adalah hal yang menakutkan. Tetapi konflik juga bisa menghasilkan hal yang positif, konflik bisa juga membantu anda menyelesaikan misi pekerjaan serta visi pribadi anda.Konflik dapat membantu anda melayani costumer secara lebih baik serta menciptakan produk-produk yang sukses. Kenapa anda tidak membiarkan "keberanian profesional" anda membuat anda meraih tujuan serta mimpi-mimpi anda? Jadikanlah konflik sebagai teman.

9. Cari Teman
Apakah anda memiliki teman baik di tempat kerja? Menyukai dan menikmati keunggulan dari rekan kerja yang positif adalah pengalaman kerja yang menyenangkan. Luangkan waktu anda untuk mengenal mereka, anda mungkin akan benar-benar menyukai dan menikmatinya. Persahabatan di tempat kerja memberikan anda dukungan sumber daya, tempat untuk berbagi, dan juga kepedulian.

10. Jika semuanya gagal, mencari pekerjaan baru akan membuat anda tersenyum
Jika semua hal diatas gagal untuk membuat anda bahagia di tempat kerja, maka saatnya untuk mengevaluasi ulang mengenai boss anda, pekerjaan anda, dan keseluruhan karir anda. Anda tentunya tak mau menghabiskan sisa hidup anda dengan melakukan pekerjaan yang anda bencidi lingkungan yang tidak bersahabat untuk anda. Anda bisa diam-diam tersenyum sambil menghabiskan waktu anda dengan mencari pekerjaan baru secara rahasia. Cuma masalah waktu sampai anda bisa meninggalkan pekerjaan anda dengan senyum yang lebar.

Disarikan dari tulisan Susan M. Heathfield di humanresources.com

0 komentar:

Posting Komentar