6 Ancaman Smartphone

Dulu sebelum ada handphone, acara ketemuan begitu rumit, bepergian dalam rombongan pun selalu dibayangi ketakutan terpisah.  Dan perkembangan handphone telah berubah menjadi smartphone, benda mungil yang seolah menjadi alat ajaib yang mampu menjawab beragam kebutuhan.  Dari urusan komunikasi, sampai jadi perpustakaan portable yang memuat informasi tak terbatas.  

Tapi yang namanya teknologi disamping menawarkan kemudahan, selalu ada sisi buruk yang mengganggu, bahkan membahayakan.
Ini memang bukan topik baru, tapi tak ada salahnya kita baca kembali untuk sekedar mengingatkan. 

Berikut adalah 6 hal negatif dari kehadiran smartphone yang saya kutip dari merdeka.com


1. Perubahan Sikap
Ini adalah efek paling berbahaya sekaligus efek yang paling tidak disadari. Semua aktivitas dismartphone seperti selfie, bermain game, atau menjelajah media sosial terbukti akan berpengaruh pada proses berpikir serta kesehatan emosi untuk jangka panjang. Terlalu sering melakukan selfie akan merubah cara pandang terhadap image ideal terhadap diri sendiri. Sedangkan apabila terlalu banyak bermain game atau menjelajah media sosial, akan dapat mengurangi produktivitas dan masalah kesehatan.

2. Menyakiti Mata
Mata adalah salah satu organ tubuh yang bekerja paling berat ketika Anda berinteraksi dengan smartphone anda. Ketika Anda menatap layar smartphone Anda, sebenarnya mata bekerja dua kali lebih berat daripada normalnya. Apabila ini terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, sakit pada mata bukanlah hal yang baru untuk dialami. Selain sakit pada mata, sindrom mata kering juga dapat terjadi pada pengguna smartphone, khususnya pada pengguna yang sering bermain game. Gambar yang detail dan bergerak cepat serta komposisi warna yang kompleks menuntut mata manusia untuk melakukan refleks yang berat dan terjadi berulang-ulang.

3. Disconnect
Meskipun banyak yang mengakui fungsi smartphone dalam menyambungkan manusia melalui jejaring sosial, faktanya ini bukanlah sepenuhnya berarti baik. Tepat ketika Anda tersambung dengan orang lain melalui smartphone Anda, saat itu pulalah Anda terputus dari dari dunia nyata di sekeliling Anda. Fokus dan perhatian yang tersita karena smartphone dapat menyebabkan akibat fatal seperti kecelakaan sampai kehilangan nyawa. Bayangkan apa yang akan terjadi ketika seorang anak kecil asyik menatap layar smartphone ketika sedang menyeberang jalan.


4. Penyakit Gaya Hidup
Ketika Anda selesai memainkan smartphone dan menghela nafas panjang, pasti Anda akan merasa sangat lega dan bebas. Itu wajar, karena smartphone sebenarnya membuat anda stres dan lelah. Smartphone mengganggu kualitas dan waktu tidur Anda. Smartphone juga mengurangi intensitas gerak Anda seperti berjalan-jalan, bercengkerama dengan orang lain, atau olahraga. Ini akan berpengaruh buruk pada jantung, pencernaan dan pernafasan.


5. Pencurian Uang
Memakai smartphone membuka peluang Anda untuk kehilangan uang, khususnya bagi pengguna yang memiliki rekening kartu kredit di bank. Pencurian uang melalui smartphone dapat dilakukan dengan cara yang halus maupun memaksa. Ketika Anda mengunduh aplikasi ataupun game, tren saat ini adalah aplikasi atau game tersebut akan "meminta" uang kepada Anda agar fungsi dari aplikasi tersebut sepenuhnya berjalan. Yang lebih buruk adalah hacker yang meretas situs aplikasi tersebut dan mengambil data-data penting seperti alamat maupun rekening kartu kredit Anda.

6. Masalah dalam Hubungan
Ini terjadi ketika waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk memberi perhatian terhadap pasangan tersita oleh smartphone. Bisa juga terjadi apabila secara kebetulan Anda menemukan akun sosial media mantan atau seseorang yang dulu pernah Anda cintai. Tanpa dijelaskan, Anda pasti sudah tahu kelanjutannya.

Gimana menurut anda? setuju gak?

0 komentar:

Posting Komentar