Mau Mengawasi Maling Tanpa CCTV? Gunakan Handphonemu!

Pernah gak, suatu kali mengalami rasa jengkel karena sendal yang diparkir di teras suka ngilang? Ini biasa terjadi sama anak kost. Tapi masak cuma mo ngintip sendal di teras musti pasang CCTV? Kalau buat intip mengintip sederhana sih, gunakan aja gadget yang kita punya, apa lagi sih kalau bukan Handphone.

Yup, handphone kita bisa difungsikan sebagai kamera tanpa kabel, yang artinya hasil tangkapan kamera hape bisa di stream langsung dan ditampilkan di layar PC atau laptop kita. Kan lumayan, misal hape nya kita taruh sedemikian rupa dari atas lobang angin, tentunya harus diperhatikan supaya hape nya aman, gak kelihatan orang n gak bisa diambil orang lain. Atau bisa kita umpetin di kamar mandi... hmm.. yang ini jangan yah.. apalagi bulan puasa.. dosa. hehe.

Oke, lanjut, untuk bisa memfungsikan hape kita sebagai wireless camera, ini yang kita butuhkan:
1. Handphone
2. Laptop atau PC
3. Browser internet di laptop atau PC yang support flash.



Gambar 1
Setting Portable Hotspot
di Android
Nah untuk komunikasi antara handphone dengan PC, kita menggunakan wi-fi. Oya inget ya, ini cuma buat lokal network aja. Untuk yang via internet, tar deh kita bahas lain kesempatan.

Jadi karena kita membutuhkan koneksi wi-fi, otomatis sebaiknya ada jaringan wi-fi ditempat kita. TAPI GAK WAJIB, kalau memang gak ada wi-fi, kita masih bisa membuat handphone bisa berkomunikasi dengan PC tanpa adanya jaringan wi-fi, caranya, gunakan handphone android kita sebagai portable wi-fi hotspot, atau "tether".







Langkah-langkah:

Gambar 2
Tampilan Menu IP
Webcam di Hanphone
  1. Install Aplikasi IP Webcam di Smartphone Android.Klik Di Sini Buat Download
  2. Kita Pastikan bahwa laptop kita terkoneksi ke jaringan wi-fi yang sama dengan handphone, atau kalau gak ada wi-fi, gunakan hp android sebagai portable hotspot. Setelah itu koneksikan laptop kita ke hotspot android.
  3. Buka Aplikasi IP Webcam di Android.
  4. Akan tampil beragam menu dari mulai pengaturan video, seperti resolusi dll, sampai ke pengaturan penghentian notifikasi dan mode "stealth" atau mode tersembunyi. Silahkan dioprek deh.
  5. Yang penting adalah scroll ke bawah, dan klik "Start Server". Setelah kita klik "start server", Maka akan tampil mode kamera dan alamat ip kamera handphone kita
  6. Kita catat nomor ip yang tertera, misal http://192.168.43.1:8080, nah alamt ip inilah yang akan kita akses dari browser laptop.
Gambar 3
Tampilan Server IP Webcam di HP
Langkah di Laptop:
  1. Selanjutnya, buka browser internet di laptop, lalu masukkan alamat ip tersebut di address bar.
  2. Selanjutnya, jika laptop kita terkoneksi dengan benar ke handphone, dan server IP Webcam di handphone juga menyala, maka akan muncul halaman seperti di gambar 
  3. Untuk permulaan, biar gak bingung, perhatikan aja deh barisan tombol yang dilingkarin merah, kita klik Flash.
  4. Dan kalau setting nya benar, maka browser akan menampilkan video dari kamera handphone kita seperti di gambar 5.


Gambar 4
Tampilan IP Webcam di browser


Gambar 5
Stream Video Dari Kamera Handphone


Nah, kita udah bisa menggunakan handphone untuk kegiatan mengintip. Lebih lanjut kita bisa menginstall software ip camera viewer di laptop untuk mendapatkan fungsi seperti:


  1. Detektor gerak: laptop akan mengumandangkan... cieee.. mengumandangkan alarm kalau kamera handphone kita mendeteksi gerakan.
  2. Merekam video berdasarkan deteksi gerakan.
  3. Dan masih banyak lagi deh.
Kita akan bahas lagi mengenai penggunaan software tersebut di artikel selanjutnya. 
Selamat mencoba.