Tetap Tenang Saat Tekanan Tak Henti Datang

Dalam hidup, tentu kita akan mengalami suatu waktu dimana kita mengalami tekanan yang begitu hebat yang membuat kita frustasi dan nyaris kehilangan akal sehat.

Tetapi tidak bisa kita pungkiri bahwa kunci kemampuan kita untuk menghadapi suatu persoalan ddengan baik adalah kemampuan kita untuk tetap bersikap tenang.

Ketika kita tenang, secara pemikiran, kita akan mampu untuk berfikir lebih baik dan menemukan solusi terbaik. Dan dari segi fisik, kita akan terhindar dari perilaku atau gerak tubuh yang salah, yang justru di banyak kasus, justru menimbulkan kesalah-fahaman dan memicu konflik yang lebih besar.

Tapi bagaimana agar kita bisa tetap bersikap tenang di situasi yang penuh tekanan?

Berikut adalah 3 langkah utama yang harus kita lakukan agar kita mampu bersikap tenang di saat yang penuh tekanan.



1. Istirahat sejenak. 

Jika kamu merasa gak nyaman dengan semua yang tengah terjadi, maka hal yang paling baik untuk dilakukan adalah istirahat sejenak, dan luangkan waktu untuk kamu sendiri. 

2. "Permisi sebentar" atau "Nanti kita lanjutkan" akan menolong. 

Terkadang tidak memungkinkan untuk pergi sementara waktu ke suatu tempat dan menenangkan diri sejenak. Kalau hal ini terjadi, coba palingkan tubuh sejenak lalu bernafaslah yang dalam dan perlahan.

3. Dalam situasi apapun, jika ada seseorang yang hanya membuat situasi menjadi lebih buruk, hal yang terbaik untuk dilakukan adalah berpaling dan acuhkan orang  tersebut.