Bisa Nyetir Sambil Tidur? Sopir Pribadi Siap Digusur

Gak bisa atau gak berani nyetir sendiri? Mau kursus nyetir mobil? Mungkin tak lama lagi kemampuan mengendarai mobil udah gak diperlukan lagi. Telah hadir (meskipun baru prototipe, tapi terbukti bisa jalan loh), sebuah mobil yang untuk mengendarinya cukup tekan tombol "GO". Gak perlu membiasakan mengoper persneling, belajar markir, bahkan gak perlu terjaga, tidur juga bisa.



Dalam blognya, google mengungkapkan bahwa semenjak mereka memulai proyek "self-driving car" alias mobil yang bisa mengendarai sendiri, mereka bekerja keras untuk mewujudkan sebuah kendaraan yang mampu menanggung beratnya tugas mengendarai.

Bayangkan, anda bisa berkendara untuk makan siang tanpa harus menghabiskan 20 menit berkutat mencari tempat parkir. Para manula bisa berkendara kemana saja bahkanjika mereka sudah cukup pikun untuk mengingat dimana meletakkan kunci mobilnya.


Google telah membangun prototipe untuk mengkaji seperti apa kendaraan yang sepenuhnya bekerja otonom itu. Kendaraan tersebut dirancang untuk bekerja secara aman tanpa memerlukan campur tangan manusia. Kendaraan tersebut gak memerlukan setir, pedal gas, dan pedal rem karena memang kendaraan tersebut sama sekali gak memerlukannya. Sensor-sensor dan software yang terpasang pada kendaraan tersebut melakukan semuanya.

Google berencana untuk membangun ratusan prototipe kendaraan otonom tersebut, dan mereka akan melakukan pengujian kendaraan dengan menggunakan versi yang memiliki kendali manual. Google akan mencoba melakukan pengujian di California dalam beberapa tahun mendatang.

Yah, semoga saja google berhasil menciptakan kendaraan otonom yang aman, supaya bisa mengurangi tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahan dan kecerobohan manusia saat berkendara