Apapun Perkataan Kita, Semua Pasti Percaya? Begini Caranya!



Meyakinkan seseorang terhadap perkataan-perkataan anda tidaklah lebih dari sekedar meyakinkan seseorang untuk menerima sebuah ide baru, mengupdate pengetahuannya atau mempercayai ide yang memang sudah ada. Tidak semua orang akan menerima ide anda, tetapi ada sebuah pola aturan yang semua orang akan tunduk terhadap pola aturan tersebut, dan jika digunakan dengan benar akan meningkatkan peluang anda untuk meyakinkan seseorang akan setiap ucapan anda.

Jika orang yang Anda ingin yakinkan telah memiliki pengetahuan sebelumnya atau pengalaman tentang apa yang sedang Anda coba untuk yakinkan, maka tujuan utama adalah untuk menggoyang keyakinannya dan membuktikan dia salah lalu mulailah menyuntikkan ide-ide anda ke kepalanya. Tetapi jika tidak, maka Anda bisa langsung mengutarakan pandangan anda sendiri.



Mengapa Saya Tidak Dapat Meyakinkan Orang Lain?

Sebelum belajar bagaimana meyakinkan seseorang untuk percaya pada sesuatu atau untuk menerima ide Anda, Anda harus terlebih dahulu mengetahui alasan yang umumnya membuat orang tidak mempercayai anda:

    * Konflik Kepercayaan: 
Jika ada seseorang yang berusaha meyakinkan anda bahwa bumi tidakklah mengorbit matahari, apa tanggapan anda? Anda tidak mungkin percaya karena anda benar-benar tahu bahwa kedelapan planet mengorbit matahari, suatu hal yang anda lihat terbukti dengan benar dari waktu ke waktu. Anda sudah memiliki kepercayaan yang bertentangan dengan apa yang teman anda coba yakinkan. Jadi permasalahan orang tersebut adalah sistem kepercayaan anda sendiri.


    * Pengetahuan: 
Semakin besar pengetahuan seseorang tentang sesuatu, semakin sulit untuk meyakinkan dia tentang sesuatu yang berbeda. Menurut anda apa yang akan terjadi jika Anda mencoba meyakinkan seorang profesor astronomi bahwa matahari hanya 1000 km jauhnya dari bumi? Dia tidak akan pernah percaya Anda karena ia telah memiliki pengetahuan yang mendalam tentang hal tersebut dan dia mungkin telah membuktikannya sendiri secara ilmiah. Jadi, rintangan kedua untuk meyakinkan seseorang adalah tingkat pengetahuan.

    * Skeptis: 
Orang-orang skeptis adalah orang-orang yang hampir meragukan  segala sesuatu dan semua orang. Mereka hanya pernah mempercayai apapun  kecuali mereka benar-benar yakin. Jika Anda berurusan dengan orang yang skeptis ini, maka kesulitan anda akan bertambah.


Bagaimana Meyakinkan Orang Untuk Percaya Pada Sesuatu?

Berdasarkan hambatan-hambatan tersebut di atas, maka kita dapat menerapkan beberapa tekhnik yang dapat memperbesar kemungkinan kita untuk meyakinkan seseorang. Tekhnik-tekhnik tersebut adalah:

    * Menggoyang Kepercayaannya: 
Semakin tegas dan semakin percaya diri ketika sedang berbicara tentang ide Anda, semakin tinggi kemungkinan anda untuk dapat menggoyang keyakinan orang lain (mengingat bahwa dia tidak punya banyak pengetahuan tentang hal yang anda bicarakan). Berbicara dengan percaya diri, gunakanlah bahasa tubuh, gerak-gerik dan nada suara yang penuh percaya diri maka Anda akan menemukan bahwa orang lain mungkin mulai meragukan kepercayaannya sendiri.

    * Merusak Landasan Pengetahuannya: 
Bahkan jikalaupun Anda cukup percaya diri saat berbicara, landasan pengetahuan seseorang bisa menjadi penghalang terserapnya ide-ide anda. Itu sebabnya mengapa meyakinkan dia bahwa Anda tahu lebih banyak daripada dia adalah lebih penting daripada mencoba meyakinkan dia tentang ide Anda sendiri karena jika Anda berhasil meyakinkan dia bahwa Anda tahu lebih daripada dia, Anda akan menjadi sumber yang terpercaya untuk pikiran bawah sadarnya dan akan jauh lebih mempermudah anda untuk "memprogramnya. Anda tidak perlu sihir untuk melakukan ini, Anda hanya harus siap dengan dokumentasi dan petunjuk yang tepat. Semakin jelas bukti Anda, semakin Anda akan dapat melemahkan landasan pengetahuannya dan dengan begitu anda dapat meyakinkan dia untuk melihat sudut pandang anda. 

    * Memberikan Bukti untuk Orang-orang Skeptis: 
Berbeda dengan kepercayaan orang-orang biasa, orang-orang skeptis dapat dibuat untuk percaya pada sesuatu yang baru asalkan Anda memiliki bukti yang jelas untuk membuktikan ide Anda. Semakin banyak petunjuk yang dapat Anda berikan untuk memperkuat argumen Anda, semakin mudah mereka meyakini anda.


    * Memprogram Pemikiran Bawah Sadar: 
Pikiran bawah sadar dapat diprogram oleh pengulangan: semakin banyak perintah diulang, semakin dapat mengguncang keyakinan seseorang. Anda bahkan dapat membuat seseorang jatuh cinta kepada anda. ini bukanlah sihir, kepercayaan dibentuk oleh pengulangan, dan jika Anda berhasil mengulang suatu keyakinan dengan cukup, orang lain mungkin sebenarnya mulai percaya juga.


    * Percayai Ide Anda Sendiri: 
Pengusaha yang selalu percaya bahwa ide-idenya adalah ide  yang layak biasanya berhasil membangun bisnis yang sangat baik. Semakin Anda percaya pada ide Anda sendiri maka anda akan semakin percaya diri dan yang  paling penting anda akan semakin tampil lebih meyakinkan  ketika berbicara tentang ide-ide anda tersebut.


    * Pengulangan dan Hukum Ketertarikan: 
Anda dapat membuat proses pemrograman pikiran seseorang yang bisa anda  didistribusikan dari waktu ke waktu, yaitu setiap kali Anda bertemu dengannya Anda berbicara sedikit tentang ide Anda kemudian meninggalkannya. Frasa yang telah Anda  ucapkan kepadanya tidak akan dihapus oleh pikiran bawah sadar, kalimat-kalimat anda akan disimpan sampai sesuatu mengingatkan mereka. Sebagai contoh, jika Anda terus mengatakan kepada teman Anda bahwa ia adalah pengemudi yang buruk, ia mungkin tidak percaya Anda sampai ia kebetulan mengalami kecelakaan. Ketika ini terjadi, ia akan mengingat semua komentar Anda tentang keterampilan mengemudi dan akan yakin bahwa Anda benar. 

Bagaimana? apakah anda siap meyakinkan orang? Hmmm, bagaimana yah untuk meyakinkan seseorang bahwa anda mampu menelan sebuah rumah misalnya? 


10 komentar:

  1. maf gan, minta tips buat meyakinkan orang via telepon atau orang yang belum kita kenal..
    contohnya marketing yang mendapatkan nomer telepon dari data base..
    kirim tipsnya yah gan k e-mail saya rexand_bovi@yahoo.com

    terima kasih sebelumnya..
    salam SUKSES!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, astaga.. sori saya baru lihat loh ini komen dari 2011.. maaf..
      Menurut pengalaman saya baik sebagai korban telemarketing atau sebagai pelaku telemarketing (saya pernah di prospek dan memprospek melalui telepon.. hehe), yang membuat peluang closing semakin lebar adalah ketika kita mampu meyakinkan bahwa calon customer tersebut membutuhkan produk yang kita jual. Dan proses meyakinkan ini tentu membutuhkan cukup banyak waktu, jadi tujuan di awal adalah bagaimana agar calon customer bersedia (tanpa merasa terpaksa) untuk mendengarkan penjelasan kita. Calon customer biasanya akan memahami kepentingan marketing untuk berbicara dan menjual produk jika si marketing memberikan kesan mau memahami kondisi si calon customer. Jangan memaksakan terus berbicara jika customer keberatan dan tampak dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menerima panggilan telepon lama-lama (dengarkan intonasi, misal jika dia berbisik mungkin sedang meeting, atau suara klakson dan deru mobil kemungkinanan dia sedang nyetir dll) karena memaksakan berbicara hanya akan merusak trust, tetapi ungkapkanlah bahwa kita memahami bahwa si calon customer sedang tidak memungkinkan menerima telepon dari kita dan kita akhiri panggilan tanpa lupa untuk meminta kesediaannya untuk menerima telepon dari kita lain waktu, jika memungkinkan buatlah janji.

      Hapus
  2. Nice Gan,, Sangat bermanfaat , ditunggu share tips" berikutnya .
    Salam Olahraga,

    Best Regards // Tg.

    BalasHapus
  3. Nice Gan,, Sangat bermanfaat , ditunggu share tips" berikutnya .
    Salam Olahraga,

    Best Regards // Tg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks juga gan atas kunjungannya, dinantiukan kunjungan selanjutnya... apalagi kalau bawa oleh2 buah2an gitu... hehehe

      Hapus
  4. jdi kita hrus ngupdate pengetahuan kita yaaa gan ..... trus law kita dah menyampaikan dan dia ngak prcya2 pa yang hrus kita lakukan gan ....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.. namanya mengupdate pengetahuan kan emang kudu setiap waktu, apalgi kalau mau ngeyakinin orang. Mungkin sederhananya, orang akan lebih mudah meyakini ungkapan yang kita juga yakini. Nah supaya kitA yakin, ya kita harus pelajari... baru di share..

      Kalau orangnya masih ngeyel gak mau yakin?? kalo mo ikut gaya Farhat Abas ngajuin sumpah pocong juga hal bisa dicoba... hehehe...

      Tapi, seperti halnya kita tidak mungkin membuat seluruh penghuni bumi untuk suka sama kita, kita juga gak bisa membuat semua orang mempercayai kita. Setelah melakukan segala upaya, menjadi berhasil bukanlah suatu kewajiban gan...

      Hapus
  5. wow, makasi banyak kak info nya, keren banget, hhe.
    ka mau tanya ni, kan banyak juga teman-teman atau orang disekitar kita melihat siapa yang berusaha meyakinkan dia, dan bagaimana status sosialnya. bagaimana ya ka kalau berhadapan dengan orang seperti itu?
    terimakasih :)

    BalasHapus
  6. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus